4 Wisata Kuliner & Makanan Khas Parapat Sumatera Utara

4 Wisata Kuliner & Makanan Khas Parapat Sumatera Utara – Berwisata ke Parapat tidak tersedia salahnya untuk mencoba makanan khas Parapat sebelum berkunjung ke area wisata di Parapat dan nyebrang ke Pulau Samosir dan berwisata di Danau Toba. Kuliner khas Parapat merupakan makanan tradisional asli parapet dan juga deretan makanan khas Batak yang mempunyai rasa yang unik dan sedap tentunya. Bagi wisatawan muslim, tidak perlu cemas karena anda tetap dapat menikmati kuliner di area makan halal di Parapat.
Bila anda tidak inginkan ribet di dalam liburan ke Danau Toba, anda dapat pilih paket wisata Danau Toba dan paket wisata Medan menarik berikut:

Kota Parapat merupakan tidak benar satu destinasi wisata utama di Sumatera Utara yang terletak di tepi Danau Toba. Di Parapat biasanya tinggal suku Batak Toba dan Simalungun. Kota ini terletak sekitar 176 kilometer dari medan yang dapat dijangkau dengan selagi kurang dari 4 jam baik dengan mobil pribadi, lazim maupun rental mobil Medan Danau Toba. Di sini anda dapat berenang, naik ski air, perahu motor, kano, mancing hingga belanja oleh-oleh khas Danau Toba.

Dolung dolung parapat

Dolung Dolung merupakan tidak benar satu makanan khas Parapat yang hingga saat ini tetap eksis di tengah-tengah masyarakat di sana. Sekilas, Dolung Dolung ini nyaris menyerupai makanan khas dari Batak Toba yang lainnya, seperti Lappet.

Adapun wujud dari Dolung Dolung ini bulat dan juga padat, lalu terbungkus dengan daun bambu. Cara pembuatan Dolung Dolung, yang merupakan tidak benar satu makanan khas Sumatera Utara, tepatnya di Parapat ini adalah dengan merendam beras terutama dahulu sekitar 2 hingga 5 jam. Di haluskan di lesung kemudian nanti dapat di ayak.

Ikan pora pora goreng

Ikan Pora-Pora goreng adalah tidak benar satu kuliner khas Parapat yang juga cukup terkenal di daerahnya. Ikan ini berjenis ikan air tawar yang menghuni Danau Toba. Salah satu langkah menyajikannya adalah dengan langkah di goreng. Ikan Pora-Pora goreng biasanya di goreng garing dengan tambahan tepung, sehingga menjadi renyah.

Baca Juga : 6 Wisata kuliner Danau Toba bersama Cita Rasa Menggoda

Ciri-ciri ikan ini yaitu tubuhnya kecil yaitu sekitar 10 hingga 12 cm saja, mempunyai sisik sedikit hijau kehitaman dan dengan semburat warna kuning di anggota ekornya. Hampir serupa dengan ikan Bilih dari Minangkabau, tapi sedikit lebih besar. Populasi dari ikan Pora-Pora terlalu melimpah ruah di Danau Toba. Cukup banyak masyarakat di tepian Danau Toba yang membudidayakan ikan Pora-Pora.

Mie gomak

Mie Gomak adalah makanan Khas Batak di Parapat yang unik dan tentu saja bercita rasa enak. Mie Gomak adalah kering dengan wujud lidi dan seperti spaghetti Italia dan berwarna kuning ke jingga. Maka dari itu, tak jarang terkecuali Mie Gomak kerap di sebut sebagai spaghetti khas Batak.

Mendapat nama Mie Gomak karena pada selagi mie di sajikan di piring, mie tersebut di gomak atau di remas secara dengan tangan. Saat ini Mie Gomak di remas dengan menggunakan sendok atau garpu untuk penyajiannya, sehingga penyajian Mie Gomak lebih higienis.

 Pizza andaliman

Pizza Andaliman adalah tidak benar satu kuliner unik dari Batak. Ini adalah kuliner khas Italia yang di padukan rempah-rempah khas area Batak. Bahan utama untuk sebabkan bumbu pizza unik ini adalah Andaliman. Andaliman kerap juga di sebut dengan merica Batak. Bahan ini menjadi bumbu utama pada nyaris semua makanan Batak.

Bumbu yang di dalam bhs latin adalah Zanthoxylum Acanthopodium ini asalnya dari keluarga jeruk, sehingga sensasi selagi Anda mencicipinya adalah cita rasa yang unik karena dapat menggetarkan lidah, dan lebih-lebih sebabkan lidah seakan mati rasa.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *